15 Penyebab AC mobil tidak dingin dan cara menjaganya

Daftar Isi

AC mobil yang tidak bekerja dengan semestinya memang sangat mengganggu, terlebih saat kondisi di tengah perjalanan jauh. Namun, apakah Anda tahu apa sebenarnya penyebab AC mobil tidak dingin tersebut?

Pada dasarnya, ada berbagai faktor yang menyebabkan AC mobil tidak bisa dingin seperti biasanya. Untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda harus memeriksa seluruh bagian dengan perlahan dan teliti.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

penyebab AC mobil tidak dingin

AC mobil yang tidak dingin memang tidak cukup diterka-terka apa penyebabnya. Harus ada pemeriksaan untuk memastikan komponen yang membutuhkan perbaikan atau menjadi sumber masalah. Simak daftar penyebab tidak dinginnya AC mobil berikut ini untuk menambah wawasan.

Refrigerant/Freon Habis atau Kurang

Penyebab pertama adalah kondisi freon yang habis atau kurang dari jumlah standarnya. Sebenarnya freon memang membutuhkan pemeriksaan secara berkala agar suplai ke AC bisa stabil. Freon akan cepat habis apabila ada kebocoran pada tabung atau saluran kondensor, evaporator, atau seal.

Kondensor Kotor

Penyebab selanjutnya yaitu kondensor yang kotor. Fungsi dari kondensor adalah sebagai saluran pembuangan panas dari kompresor. Apabila saluran ini terhambat, tentu panas akan terkurung di dalam kompresor dan dikembalikan menuju AC.

Fan Belt atau Drive Belt Putus

Fan belt atau Drive belt yang putus juga dapat menyebabkan AC tidak dingin bahkan tidak berfungsi sama sekali. Hal ini dikarenakan fan belt merupakan penghubung antara mesin dan kompresor AC mobil. Jika tidak ada penggerak kompresor maka tentu AC juga tidak dapat digunakan.

Motor pada Extra Fan Mati

Komponen ini juga dapat menyebabkan suhu AC cenderung panas dan tidak dapat diturunkan. Fungsi extra fan adalah membantu penurunan suuhu yang ada di dalam kondensor. Apabila kipas ini mati, tentu kondensor tidak akan bekerja secara optimal.

Kompresor Aus

Kompresor aus pun menjadi menjadikan AC mobil tidak dapat diturunkan dan harus segera mendapatkan penanganan. Ciri-ciri kompresor aus adalah munculnya sight Glass sebagai indikator reciever dryer atau expansion valve yang tersumbat kotoran.

Magnetic Clutch Mengalami Kerusakan

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya adalah katup magnet yang rusak. Dalam kondisi normal, komponen ini memiliki peran menghubungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika penggunannya tidak tepat, magnetic clutch akan cepat rusak.

Oil Kompresor Berlebih

Apakah Anda pernah mengisi oli kompresor AC mobil melebihi batas maksimal dengan tujuan untuk memperpanjang usia kompresor itu sendiri? Hal itu sebenarnya adalah sebuah kesalahan yang cukup fatal karena dapat menyebabkan tabung dryer mampet sehingga AC tidak bisa dingin.

Tekanan Berlebih pada Sistem AC Mobil

Setiap sistem AC mobil memiliki batas toleransi maksimal tekanannya masing-masing. Apabila tekanan yang masuk melebihi kapasitas kompresor, maka dapat dipastikan beberapa komponen akan mengalami kerusakan sehingga AC tidak berasa dingin.

Evaporator AC Mobil Kotor atau Tersumbat

Evaporator AC mobil dapat tersumbat karena kotoran atau debu masuk melalui hisapan blower yang terkoneksi dengan evaporator. Kebersihan filter yang tidak diperhatikan juga dapat menyebabkan kinerja evaporator menjadi tidak maksimal.

Filter AC Tersumbat

Filter AC pada mobil juga sering disebut dengan dryer filter. Fungsi utamanya adalah sebagai penyaring freon dalam bentuk cair. Apabila dryer filter tersumbat, maka freon cair tidak akan mengalir keluar sehingga suhu tetap panas.

Thermostat Bermasalah

Penyebab selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah thermostat yang bermasalah. Kerusakan bisa dikarenakan usia pemakaian atau komponen di dalamnya. Akibatnya, mobil tidak dapat menerima sinyal kapan harus menyalakan AC atau menurunkan suhu di dalamnya.

Saluran Pembuangan Air Kondensasi (Drain Hose) Tersumbat

Saluran pembuangan menjadi salah satu penyebab AC mobilt tidak dingin yang paling sering dialami. Hal itu dikarenakan pada bagian ini sangat rentan menjadi tempat berkumpulnya semua kotoran. Apabila tidak dilakukan pembersihan secara rutin, saluran tersebut akan tersumbat.

Sensor AC Mobil Bermasalah

Tidak berbeda jauh dengan thermostat, sensor AC mobil yang bermasalah dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin. Kerusakan pada sensor AC membuat data dari thermostat tidak dapat diteruskan ke sistem AC sehingga mobil tidak akan melakukan perintah apapun.

Ada Kabel yang Putus

Penyebab berikutnya yaitu adanya kabel yang putus di antara sistem AC  mobil Anda. Ini bisa membuat kinerja AC terhenti karena kehilangan supply listrik.

Kelistrikan Mobil Tidak Stabil

Penyebab terakhir AC mobil tidak bekerja seperti biasanya adalah kelistrikan atau seuplai arus yang tidak stabil. Apabila hal ini berlangsung secara terus-menerus dan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka dipasikan sistem AC akan rusak secara perlahan.

Cara Menjaga Agar AC Mobil Tetap Dingin

penyebab AC mobil tidak dingin

Setelah mengetahui berbagai penyebab AC mobil tidak dingin, simak beberapa cara untuk menghindarinya di bawah ini. Hal ini akan lebih bermanfaat untuk mencegah banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan AC mobil Anda.

Jaga Kebersihan Kabin

Tips yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan kabin mobil Anda. Kondisi kabin yang terawat dan tidak terdapat banyak kotoran akan membuat sirkulasi AC berjalan lancar dan semua saluran tidak ada yang tersumbat.

Jangan Merokok di Dalam Mobil

Bagi Anda perokok aktif, usahakan sebisa mungkin untuk tidak merokok di dalam mobil. Efeknya memang tidak akan terrasa secara langsung, namun lambat laun asap rokok akan mengotori saluran AC mobil, bahkan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tutup Jendela Selama Berkendara

Tips ketiga ini memiliki fungsi menjaga kebersihan interior mobil Anda. Selain itu, dengan menutup kaca jendela saat bekendara juga mencegah kotoran dan debu masuk ke dalam AC. Kinerja mesin akan lebih maksimal karena tidak ada kotoran yang menyumbatnya.

Hindari Menyalakan AC Secara Langsung

Hal ini sering tidak disadari oleh para pemilik kendaraan. Menyalakan AC pada saat mobil baru dihidupkan akan menyebabkan suplai arus tidak stabil sehingga menyebabkan kerusakan komponen AC. Untuk menghindarinya, posisikan mesin mobil menyala 10 menitan baru menyalakan AC.

Memilih Tempat Parkir yang Sejuk

Tips ringan ini juga dapat membuat kondisi AC Anda tetap dingin karena beban kompresor dan komponen lain tidak berlebihan. Selalu ushakaan memilih tempat parkir yang cukup rindang atau setidaknya pada bagian kabin terhalang dari sinar matahari secara langsung.

Bersihkan Kondensor saat Mencuci Mobil

Bersihkan saluran kondensor saat Anda mencuci mobil. Cara ini akan membuat semua kotoran dan sisa pembuangan dapat terlepas dari pipa pembuangan. Dengan begitu, sirkulasi AC juga berjalan dengan lancar tanpa terhambat kotoran apapun.

Pasang Filter Kabin

Pemasangan filter kabin juga membuat AC dapat menyaring semua kotoran dan debu sebelum dteruskan ke saluran pembuangan. Biaya pemasangannya pun tidak terlalu mahal, bahkan sebanding dengan manfaat yang Anda peroleh.

Informasi terkait penyebab AC mobil tidak dingin dan cara menghindarinya dapat Anda terapkan untuk merawat kendaraan pribadi dengan harapan lebih awet. Selain itu, perawatan rutin akan mencegah Anda mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perbaikan.

Baca juga : 

  1. Cara mengganti oli motor yang mudah aman dan aman
  2. cara mematikan alarm mobil yang bunyi sendiri
  3. Cara mengendarai motor kopling yang aman di jalan
Facebook
Twitter
WhatsApp
Pinterest

Leave a Comment

Artikel Terbaru