13 Penyebab mobil tidak bisa distarter dan solusi cerdasnya

Daftar Isi

Ada banyak penyebab mobil tidak bisa distarter. Anda harus melakukan pengecekan pada beberapa bagian atau komponen untuk mencari sumber masalah dalam kondisi ini. Apabila dirasa tidak bisa melakukannya sendiri, lebih baik untuk memanggil teknisi atau montir yang berpengalaman.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum terjadinya mobil mogok atau tidak dapat distarter. Perhatikan dengan seksama setiap penyebab dan solusinya, agar Anda dapat mengidentifikasi permasalahan dari mogoknya mobil Anda.

Penyebab Mobil Tidak Dapat Distarter

mobil tidak bisa distarter

Beberapa penyebab mobil yang tidak dapat distarter adalah gangguan pada fungsi komponen akibat dari umurnya yang sudah terlalu tua. Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan setiap bagian masih bekerja dengan optimal.

Setrum dalam Aki Kurang

Penyebab pertama yaitu kurangnya setrum atau suplai arus dari aki. Perlu diketahui bahwa untuk bisa menyalakan mobil diperlukan arus yang cukup besar dan konstan untuk mengejutkan mesin. Tegangan minimal untuk menyalakan mobil dengan baik yaitu 12,6 volt.

Anda dapat menggunakan avometer untuk melakukan pengetesan nilai tegangan. Pada kondisi aki yang sehat, tegangan akan stabil di 12 volt karena setelah mesin menyala aki akan diisi ulang secara berkala oleh dinamo.

Baca juga : Cara bayar pajak motor online paling mudah untuk dilakukan secara mandiri

Gangguan pada Engine Mounting

Sering ditemui kondisi mobil mogok dan tidak bisa dinyalakan dan saat distarter justru mengeluarkan bunyi tek tek. Hal itu disebabkan oleh engine mounting. Karena bahan engine mounting dari logam dan karet, maka saat kondisinya terlepas akan membuat mesin tidak stabil.

Masalah pada Motor Starter

Apabila Anda sudah melakukan pengecekan pada engine mounting dan tetap tidak menyala, maka ada kemungkinan masalah pada motor starter. Jika dipastikan kerusakan dari bagian ini, maka Anda harus memanggil teknisi untuk melakukan perbaikan atau penggantian sparepart.

Longgarnya Dinamo Starter

Penyebab mobil tidak bisa distarter selanjutnya yaitu longgarnya dinamo starter. Apabila ditemukan dinamo starter dalam keadaan longgar, maka mobil tidak akan bisa dinyalakan karena poros engkol  mesin tidak berputar sebagaimana mestinya.

Oli Mobil Belum Naik

Penyebab nomor 5 biasanya ditemui pada mobil yang sudah lama tidak digunakan, padahal seharusnya tetap dipanasi untuk mencegah oli menggumpal. Hal ini akan membuat oli berkumpul di bagian oil pan sehingga mesin di bagian atas kekeringan.

Rusaknya Gigi Pinion

Gigi pinion merupakan komponen kecil di antara flywheel dan dinamo starter. Meskipun ukurannya tergolong imut, namun fungsinya sangat besar dan berpengaruh pada proses starter mobil. Ciri umum gigi pinion mulai aus adalah saat starter atau berjalan terdapat suara aneh di mobil yang.

Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Mobil tidak dapat distarter juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada sistem kelistrikan. Hal ini bisa terjadi karena umur dari setiap komponen yang terlalu tua dan tidak ada proses maintenance yang baik dan rutin.

Busi Korosi

Busi yang sudah korosi atau mengalami kerusakan pada fisiknya dapat menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan. Sebagaimana diketahui bahwa fungsi busi adalah membantu proses pengapian mesin atau membakar bahan bakar untuk dikonversi sebagai energi penggerak.

Masalah pada Timing Belt

Masalah pada timing belt umumnya adalah kondisinya yang tidak layak dan memerlukan penggantian. Setiap produsen mobil menyarankan untuk melakukan penggantian timing belt setiap 60 ribu mil agar tidak mengganggu kinerja mesin.

Baca juga : Cara memperbaiki lampu LED yang redup secara mandiri untuk pemula

Kerusakan Tutup Distributor

Tutup distributor yang rusak juga menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter. Hal itu akan terjadi jika tutup distributor dalam keadaan rusak atau mengalami keretakan. Selain itu, kelembaban yang terperangkap di bawah tutup juga dapat menyebabkan mobil tidak dapat dinyalakan.

Aliran Bahan Bakar Tersumbat

Penyebab mobil tidak bisa dinyalakan selanjutnya adalah bahan bakar yang tidak dapat terdistribusi secara merata dan sempurna. Sebagaimana diketahui bahwa sumber energi kendaraan adalah bahan bakar. Jika tidak ada suplai masuk ke mesin, maka tidak ada energi yang dihasilkan.

Koil Rusak

Koil merupakan salah satu bagian dari sistem pengapian di mesin mobil yang bertugas mengkonversi tegangan aki menjadi daya listrik. Saat koil dalam kondisi panas, maka mobil tidak akan bisa dinyalakan.

Masalah pada Alternator Mobil

Alternator sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan listrik ke aki saat mesin dalam kondisi hidup. Dengan kata lain, alternator merupakan komponen utama dalam mengatur tegangan aki dalam kondisi prima.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

mobil tidak bisa distarter

Saat Anda dalam perjalanan dan mengalami kondisi mobil mogok atau tidak bisa dinyalakan, maka bisa menggunakan beberapa alternatif berikut ini. Coba satu-persatu alternatif tersebut untuk menemukan solusi dari kendala yang dihadapi.

Periksa Kabel Koneksi Aki

Cara pertama yaitu dengan memeriksa kabel koneksi aki. Kondisi fisik kabel yang masih bagus tidak menjamin komponen di dalamnya dalam keadaan yang sama pula. Anda perlu mengetesnya dengan testpen atau avometer agar hasil lebih akurat.

Periksa Kondisi Aki

Alternatif kedua adalah memeriksa kondisi aki Anda. Pemeriksaan tidak dapat dilakukan hanya dengan mata telanjang, akan tetapi harus menggunakan avometer. Periksa apakah tegangan berada di bawah 12 volt atau di atasnya.

Apabila tegangan aki menunjukkan nilai di bawah 12 volt, maka lakukan pengecasan di bengkel terdekat. Periksa pula kondisi fisi setiap cell nya. Jika cell terlihat melebar dan tidak sejajar, maka Anda diharuskan melakukan penggantian aki baru.

Baca juga : Cara memperbaiki aki kering secara mandiri di rumah

Cek Tutup Distributor

Solusi mobil tidak bisa dinyalakan selanjutnya yaitu dengan memeriksa kondisi tutup distributor. Perhatikan dengan seksama apakah terdapat kerusakan atau keretakan pada bagian tersebut. Bersihkan dengan sikat baja agar bisa mengamati dengan lebih teliti.

Cek Bahan Bakar Dan Alirannya

Alternatif ketiga yang dapat Anda coba adalah memeriksa ketersediaan bahan bakar. Sering dijumpai jarum indikator mengalami kerusakan sehingga bahan bakar habis namun tidak terdeteksi. Selain itu, kebersihan selang bahan bakar harus diperhatikan dan diperiksa secara berkala.

Bersihkan Karburator

Cara memperbaiki mobil tidak dapat distarter nomor 4 yakni dengan membersihkan karburator. Komponen ini harus sering dibersihkan dan diperiksa secara rutin karena fungsinya yang cukup penting, yaitu penyalur bahan bakar ke ruang pembakaran.

Untuk melakukan pembersihan, lebih baik Anda membawanya ke bengkel. Hal ini karena prosesnya membutuhkan alat-alat tertentu agar hasil benar-benar bersih dan sesuai dengan kondisi saat normal. Biaya pembersihan karburator pun sangat terjangkau.

Lakukan Jump Start

Jump start dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang mudah dilakukan dengan menggunakan kabel capit buaya untuk menghubungkan mobil dengan aki dari mobil  lain yang lebih sehat. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mencari tutorial atau bertanya pada teknisi.

Bersihkan atau Ganti Busi

Cara menghidupkan mobil tidak bisa distarter berikutnya yaitu melalui pembersihan busi. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan sikat baja atau material yang dapat menjangkau lubang di ujung busi. Apabila kondisi fisik  tidak layak, maka lakukan penggantian busi baru.

Demikianlah 13 Penyebab mobil tidak bisa distarter dan solusi cerdasnya yang dapat sobat Oto lakukan sendiri di rumah. Semoga berhasil dan mobil sobat tidak mogok lagi.

Leave a Comment

Artikel Terbaru
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol