5 Minyak Rem Mobil Berkualitas Terbaik Beserta Spesifikasinya

Daftar Isi

Salah satu komponen terpenting pada mobil adalah rem, karena rem berfungsi untuk menghentikan laju mobil, agar rem dapat bekerja dengan baik harus diberikan cairan berupa pelumas atau minyak rem. Untuk itu, Anda sebagai pemilik mobil harus mengerti mana minyak rem mobil terbaik dan berkualitas yang cocok dengan karakteristik dari mobil yang Anda punya.

Karena jika Anda tidak mengerti dan salah memilih minyak rem mobil, maka dapat berakibat fatal terutama jika Anda sedang melaju dengan kecepatan tinggi yang dapat berisiko terjadinya kecelakaan. Jika Anda masih pemula, usahakan cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai seluk beluk informasi dari mobil yang Anda punya, seperti pelumas rem mobil.

Minyak atau pelumas ini sangat penting untuk mendukung kinerja dari komponen sistem pengereman pada mobil agar lebih optimal, seperti kampas rem dan cakram. Karena komponen seperti cakram dan kampas sering bergesekan untuk menghentikan laju mobil akan menghasilkan panas sehingga dapat menyebabkan kedua komponen tersebut menjadi aus, untuk itu dengan adanya minyak rem mobil yang berkualitas gesekan antara kampas rem dan cakram tersebut menjadi lebih tahan terhadap panas dan tidak kering.

Selain itu, pelumas rem pada mobil juga berfungsi sebagai penyalur pada sistem hidrolik karena sifatnya mirip dengan fluida, kandungan yang terdapat pada pelumas rem mobil terdiri dari Additive, Glycol Ether, dan Poly Glycol. Additive merupakan kandungan yang mempunyai tugas untuk mencegah terjadinya korosi serta oksidasi pada komponen pengereman mobil, Glycol Ether berfungsi untuk menjaga kestabilan, kekentalan, dan titik didih karet, dan sedangkan Poly Glycol berfungsi sebagai pelumas karena mempunyai tingkat kekentalan yang tinggi.

Anda juga harus mengganti minyak rem mobil secara berkala agar kualitas dari sistem pengereman pada mobil dapat terjaga dengan baik.

Spesifikasi Minyak Rem Mobil Yang Berkualitas

Sebelum kita membahas rekomendasi minyak mobil terbaik, Anda harus mengerti spesifikasi pelumas rem untuk mobil yang berkualitas seperti berikut ini.

Menyesuaikan Kode Department of Transportation (DOT)

Kode Department of Transportation atau DOT merupakan sebuah kode yang terpasang pada kemasan pelumas rem untuk mobil yang menunjukkan titik didih minyak rem ketika digunakan, Anda harus menyesuaikan kode DOT pada minyak rem dengan kode DOT mobil, karena jika tidak sesuai dapat menyebabkan rem blong. Ada 3 jenis kode DOT yang harus Anda ketahui, yaitu DOT 3, DOT 4, dan DOT 5.

  • DOT 3: Tipe pelumas rem untuk mobil dengan kode DOT 3 mempunyai kandungan Polyglycol ether yang hydroscopic sehingga dapat menyerap air. Tipe minyak rem ini jika tercampur atau dicampur dengan air, tipe minyak rem DOT 3 ini memiliki titik didih maksimal hingga 250 derajat celcius dan mempunyai harga yang ekonomis. Sayangnya, tipe minyak rem DOT 3 dapat menimbulkan karat atau korosi.
  • DOT 4: pelumas rem untuk mobil DOT 4 menggunakan bahan dasar glikol eter yang ditambahkan dengan ester borat sebagai aditif, titik didih maksimalnya adalah 230 derajat celcius, tipe minyak rem ini cocok sekali digunakan pada mobil tipe lama yang mempunyai sistem rem dengan suhu tinggi.
  • DOT 5: Tipe pelumas rem untuk mobil DOT 5 memiliki bahan dasar silicon yang mempunyai kelebihan dalam mencegah korosi dan memiliki titik didih yang lebih tinggi. Minyak rem mobil DOT 5 biasanya digunakan untuk kendaraan militer yang sedang tidak digunakan dengan waktu lama agar tetap prima saat ingin digunakan.

Ketiga jenis pelumas rem untuk mobil di atas sebenarnya sama-sama bagus yang terpenting adalah sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan. Karena yang membedakan diantara minyak rem DOT 3, DOT 4, dan DOT 5 hanyalah titik didih maksimalnya dan beberapa keunggulan lainnya.

Baca juga : Rekomendasi parfum Mobil yang tidak bikin mual saat terjebak macet

Rekomendasi Minyak Rem Mobil Terbaik

Jenis pelumas rem untuk mobil yang sering digunakan adalah jenis DOT 3 dan DOT 4 yang sering digunakan untuk mobil-mobil seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, dan lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasi minyak rem mobil terbaik yang berkualitas.

Jumbo Cairan Rem DOT 3

Minyak Rem Mobil

Rekomendasi pelumas rem untuk mobil terbaik yang pertama adalah Jumbo Cairan Rem DOT 3. Jumbo merupakan salah satu merk rem mobil yang cukup populer di Indonesia, karena sudah ada sejak tahun 1980 silam. Jumbo mempunyai 2 produk minyak rem yaitu DOT 3 dan DOT 4 yang berisi 300 ml dan 500 ml. Minyak rem Jumbo dinilai lebih berkualitas untuk mencegah kerusakan dan karat yang terjadi pada rem, dan juga memastikan pengereman tromol dan cakram berfungsi dengan baik.

Prestone Brake Fluid DOT 4

Minyak Rem Mobil

Prestone merupakan brand asal Amerika Serikat yang mengeluarkan produk minyak rem berjenis DOT 4 yang mempunyai keunggulan titik didih lebih tinggi dibanding produk lain hingga mencapai spesifikasi dari minyak rem DOT 5. Ini dilakukan agar dapat menjaga minyak rem dari kontaminasi air sehingga kualitasnya dapat lebih baik.

Baca juga : Rekomendasi Parfum Mobil California Paling Enak

Motul DOT 5.1

Minyak Rem Mobil

Bagi Anda pecinta otomotif pastinya sudah tidak asing mendengar nama Motul. Motul sudah sejak tahun 1958 hadir memenuhi kebutuhan pengendara, salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah Motul DOT 5.1 yang terbuat dari polyglycol 100% sintesis, minyak rem yang satu ini cocok digunakan untuk mobil dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS). Motul DOT 5.1 mempunyai titik didih hingga 270 derajat celcius.

Mobil Brake Fluid Dot 4

Minyak Rem Mobil

Pelumas rem untuk mobil terbaik selanjutnya adalah Mobil Brake Fluid Dot 4. Produk minyak rem yang dikeluarkan oleh merk Mobil ini mempunyai kualitas yang baik untuk sistem pengereman cakram dan tromol. Namun, dalam penggunaan minyak rem Mobil Brake Fluid Dot 4 ini Anda tidak boleh sembarangan, Anda harus berhati-hati jangan sampai minyak ini tumpah karena dapat berpengaruh terhadap cat mobil Anda.

STP Brake Fluid DOT 4 ActivGard

Minyak Rem Mobil

Rekomendasi pelumas rem untuk mobil yang terakhir adalah STP Brake Fluid DOT 4 ActivGard. Minyak rem ini dilengkapi dengan teknologi ActivGard yang membuat rem Anda lebih pakem dan tahan lama. Titik didih maksimal yang terdapat di minyak STP Brake Fluid DOT 4 ActivGard adalah 265 derajat celcius dan mempunyai kekentalan yang pas sehingga tidak mudah menguap saat suhu sedang tinggi.

Baca juga : Rekomendasi Oli Mesin Mobil Terbaik yang tidak bikin mesin cepat panas

Anda harus mengganti pelumas rem untuk mobil berkala agar tidak berdampak buruk pada performa mobil saat digunakan dan agar rem dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, Anda juga tidak boleh mencampurkan minyak rem yang berbeda jenis. Dan jika Anda merasa minyak rem terasa cepat habis, itu bisa jadi disebabkan oleh kebocoran minyak rem di sistem pengereman atau kampas rem sudah menipis.

Itu dia beberapa rekomendasi pelumas rem untuk mobil terbaik yang dapat Anda pilih, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, salam otomotif.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pinterest

Leave a Comment

Artikel Terbaru