5 Rekomendasi Helm Bogo Kaca Datar Terbaik dan Tips Memilihnya

Daftar Isi

Selain digunakan sebagai penunjang keamanan saat berkendara menggunakan sepeda motor, helm juga menunjang penampilan saat berkendara, saat ini helm yang sedang populer di kalangan anak muda adalah helm bogo. Helm bogo atau biasa disebut dengan helm retro merupakan helm yang mengusung desain klasik, Helm bogo kaca datar juga terdapat beberapa jenis, dari mulai shorty, open face, sampai full face.

Ada banyak merk helm yang memproduksi helm bogo ini dan sangat bervariasi, dari mulai kualitas jelek hingga bagus, dari mulai yang murah hingga yang mahal, dan ada yang sesuai SNI maupun tidak. Untuk itu, Anda harus pintar dalam memilih helm bogo kaca datar yang berkualitas, sesuai standar SNI dan harga yang terjangkau. Nah, berikut ini tips memilih helm bogo kaca datar yang baik dan benar.

Tips Memilih Helm Bogo Kaca Datar

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli helm bogo, dari mulai cek kualitas bahan, memeriksa semua bagiannya, standar keamanan, jenis material yang digunakan, motif dan warna, tipe helm, sampai harga. Nah, berikut penjelasan tips memilih helm bogo kaca datar.

Mengecek Kualitas Bahan

Bahan atau material utama yang harus Anda cek kualitasnya adalah bagian luar helm atau biasa disebut dengan bagian cangkang. Bahan yang digunakan pun ada bermacam-macam, dari mulai ABS, tri-fiber composite, full carbon, dan lainnya.

Bahan ABS merupakan bahan yang umum digunakan pada helm bogo kaca datar, ABS atau Acrylonitrile Butadiene Styrene merupakan bahan yang terbuat dari plastik. Walaupun terbuat dari plastik, bahan ini dinilai kuat dan tahan lama, serta helm yang menggunakan bahan ABS harganya lebih terjangkau.

Bahan tri-fiber composite merupakan bahan yang terbuat dari campuran 3 material, yaitu fiber, kevlar, dan karbon. Bobot yang dimiliki helm dengan bahan ini umumnya lebih ringan dibanding helm dari bahan ABS, selain lebih ringan helm yang menggunakan bahan ini juga lebih tahan benturan.

Sedangkan bahan full carbon merupakan bahan yang terbuat dari serat karbon, sehingga lebih ringan dibanding 2 material di atas. Karena lebih ringan dan kuat, helm yang terbuat dari bahan full carbon umumnya mempunyai harga yang lebih tinggi.

Memeriksa Semua Bagian Helm

Selain mengecek kualitas bahan yang digunakan, Anda juga harus memeriksa semua bagian pada helm sebelum membelinya, bagian yang harus di cek seperti panel kaca atau visor, kaca, tali pengikat, busa, dan lainnya. Pastikan juga busa pada helm mudah dilepas agar bisa dibersihkan dengan mudah, karena jika tidak dibersihkan busa pada helm bisa menjadi sarang bakteri dan jamur.

Baca juga : Rekomendasi Helm Full Face Murah yang wajib kamu miliki

Standar Keamanan

Helm yang Anda gunakan harus sesuai dengan standar SNI karena selain mengikuti aturan ini juga berpengaruh pada keamanan dan keselamatan Anda saat mengendarai sepeda motor agar terhindar dari cedera yang parah saat benturan.

Rekomendasi Helm Bogo Kaca Datar

Setelah Anda mengetahui tips dan cara memilih helm bogo kaca datar, berikut ini rekomendasi produk helm bogo kaca datar terbaik yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.

Helm Bogo HBC

Helm Bogo Kaca Datar

HBC merupakan salah satu produsen helm bogo yang cukup populer dan laris, karena mempunyai desain yang simple dan elegan. Selain itu helm bogo HBC juga menggunakan busa yang tebal, sehingga nyaman saat digunakan, ditambah dengan bobot yang ringan sehingga pengguna tidak akan merasa pegal saat menggunakannya dengan waktu yang lama. Helm bogo HBC menggunakan tali pengikat dengan sistem quick buckle yang praktis, aman, dan mudah digunakan.

Helm bogo ini terbuat dari material ABS, sehingga lebih ringan, beratnya saja hanya sekitar 950 gram. Busa pada helm bogo HBC juga bisa dilepas, sehingga memudahkan Anda ketika ingin mencucinya. Helm bogo HBC tersedia dalam berbagai pilihan warna dan telah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Harga helm bogo kaca datar HBC ini mulai dari Rp. 250 ribuan.

Helm Bogo BMC

Helm Bogo Kaca Datar

Rekomendasi helm bogo kaca datar selanjutnya adalah helm bogo BMC. BMC merupakan salah satu merk helm yang cukup populer dengan berbagai jenis helm yang diproduksinya, dan ternyata BMC juga memproduksi helm bogo. Helm Bogo BMC terbuat dari ABS yang ringan dan dilengkapi dengan tali pengikat quick buckle. Busa pada bagian pipi dan atas helm pun juga bisa dilepas dengan mudah, terdapat banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih. Ukuran helm bogo BMC juga bervariasi, dari mulai M, L, dan XL. Helm ini cocok menjadi pilihan Anda untuk menjalani rutinitas berkendara setiap hari. Helm Bogo BMC dibanderol mulai dari Rp. 100 ribuan saja.

Baca juga : Rekomendasi Helm KYT Full Face yang keren dan Murah

Cargloss CF Retro

Helm Bogo Kaca Datar

Cargloss CF Retro juga layak Anda pilih karena desainnya yang simple namun tetap menarik untuk dilihat. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 190 ribuan. Yang menjadi keunikan dari helm ini adalah sempat digunakan oleh Presiden Joko Widodo. Terdapat banyak pilihan warna, dari mulai hitam, putih gading, putih mengkilap, kuning, kuning doff, biru doff, perak, dan lainnya. Bobot dari helm ini pun cukup ringan dan terbagi menjadi beberapa ukuran dari mulai M, L, hingga XL. Desain dari lis karet, busa, jahitan, dan perpaduan warnanya pun terkesan rapi. Anda dapat membeli helm bogo di toko online maupun toko offline.

Helm Bogo D.A.G

Helm Bogo Kaca Datar

Helm bogo yang dibuat oleh D.A.G mempunyai desain dengan gaya retro, material yang digunakan pun kokoh dan tahan dari benturan, busa yang digunakan menggunakan kulit sintetis yang tebal dan bisa dibongkar pasang. Tali pengikat yang terdapat pada helm bogo D.A.G menggunakan quick release. Bobot pada helm bogo D.A.G cukup ringan, yaitu sekitar 1,2 kg. Helm ini juga sudah sesuai dengan standar SNI. Ukuran yang tersedia ada M dan L. Helm bogo D.A.G dibanderol mulai dari Rp. 165 ribuan.

Baca juga : Rekomendasi Motor Sport Murah yang keren dan super laris

Helm Bogo JPN

Helm Bogo Kaca Datar

Helm bogo JPN mempunyai desain yang minimalis dengan banyak pilihan warna, dari mulai hitam doff, hitam gloss, merah doff, merah gloss, biru gloss, dan ice blue gloss. Helm Bogo JPN menggunakan tali pengikat microlock yang aman dan mudah digunakan. Helm ini menggunakan busa yang tebal dan mudah dilepas. Helm ini juga mendapatkan label SNI. Terdapat 3 pilihan ukuran, yaitu M, L, dan XL. Bobot dari Helm Bogo JPN cukup ringan, yaitu hanya 1 kg. Harga Helm Bogo JPN mulai dari Rp. 134 ribuan.

Demikian rekomendasi helm bogo kaca datar yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Anda juga harus memilih helm bogo dengan kualitas dan keamanan yang baik, jangan hanya mengandalkan nilai estetikanya saja. Jadi, apakah Anda sudah menentukan pilihan helm bogo Anda?

Leave a Comment

Artikel Terbaru